Agama adalah Personal

Kewajiban berhijab bagi siswi SMP Negeri yang beragama Islam di sekolah anak saya membuat hari terima raport ini menjadi lucu. 
Tiba-tiba anak saya bilang, “Temenku nanya, kok ibumu gak berhijab?Ibumu non muslim ya?”

Terus dijawab apa sama anak saya?

Oh ya flash back sedikit, buat keluarga kami, hijab tidak hanya pakaian, namun simbol kemuliaan. Bagi kami orang yang berhijab haruslah orang yang mulia dari sisi perilaku dan agama. Mungkin kami berbeda dengan yang lain yang berhijab karena hanya mengikuti perintah yang membuat hijab hanya bermakna pakaian semata. Bagi kami, hijab adalah cermin perilaku mulia sehingga berat sekali menyandang pakaian hijab. Jika belum merasa mampu ilmu agama dan mulia dalam perilaku, belumlah pantas meyandang hijab. Ini jika kami, mungkin berbeda dengan yang lain, namun inilah penghargaan tertinggi kami terhadap mulianya “hijab” yang bukan hanya pakaian semata.

Bukan bermaksud sok suci atau sok baik…. ini hanya untuk memperkuat cerita tadi saja…Anak anak juga kami ajarkan untuk menghormati orang lain terutama kepercayaan orang. Kepercayaan itu adalah pribadi masing masing manusia. Tidak boleh memaksa dan tidak boleh dipaksa.Jadi kalau ada temannya yang menyinggung masalah agama, saya biarkan mereka untuk menjawab atau tidak menjawab dengan sopan. Saya pernah becanda dengan anak anak, kalau ada yang nyinyir tanya agama ayah ibumu, (hanya karena pakaian yang kami kenakan tidak menyimbolkan agama kepercayaan atau tingkat kesholehan, dimana kami masih pada jenjang bodoh kalau hal agama) jawab saja seperti ini………:

“Ibumu kok gak pake hijab?pasti non muslim ya…?

Dijawab anak saya :
“Iya…ibu dan ayahku masih menyembah pohon beringin….kadang malah juga menyembah mesin cuci….ayahku malah pernah nyembah kunci inggris…..”

Ya bisa ditebak… saat anak kelas satu SMP mendapat jawaban seperti itu : Melongo dan tidak ada pertanyaan lain

Ya ya ya..mohon maaf…buat kami ajaran agama itu penuh filosofi tinggi, tersembunyi dan mulia…termasuk hijab….setidaknya itu yg diajarkan orang tua kami, leluhur kami turun temurun….berbeda?Ya maaf…tp ini prinsip…Agama adalah private…orang lain cukup tau hasil produk agama yakni perilaku baik kepada sesama manusia, alam semesta dan ketuhanan….Kamu terlihat beragama dari perilakumu, bukan dari apa agamamu….

Tinggalkan Balasan