Video Tutorial Belajar Meditasi Bagi Pemula Episode 1

Pengertian Meditasi

Banyak orang yang tidak tahu apa itu meditasi. Atau ada yang tahu, namun tidak mengerti apa itu meditasi. Apakah arti meditasi?
Makna paling mudah untuk menjelaskan meditasi adalah duduk diam, mengheningkan pikiran dan batin, dan fokus pada diri anda sendiri. Banyak orang yang tidak tahu meditasi menganggap meditasi tidak penting, membuang-buang waktu, bahkan mengharamkan meditasi karena menganggap meditasi adalah produk sebuah agama tertentu. Padahal meditasi bukanlah produk sebuah agama tertentu, dan meditasi merupakan kegiatan yang penting dilakukam manusia modern sekarang.

Banyak orang yang tidak tahu, jika meditasi disarankan, bahkan diwajibkan oleh hampir semua agama. Namun tentunya masing-masing agama memiliki istilah masing-masing dalam menyebut meditasi. Tidak hanya sebutan, metode setiap agama pun berbeda dalam melakukan aktifitas meditasi. Contoh dalam agama Islam, meditasi disebut sholat dan dzikir. Tentunya metodenya berbeda dengan meditasi yang diajarkan dalam Buddha seperti Vipassana, dan meditasi dalam Hindu. Namun jangan salah paham, walaupun berbeda istilah dan metode atau cara, namun pada dasarnya semua merupakan aktifitas meditasi yang tujuannya sama. Tujuan meditasi ada beberapa tingkat. Tingkat dasar adalah untuk memberikan ketenangan pikiran dan batin, yang bermuara pada kesehatan raga. Apa hubungannya?Akan saya jelaskan di tulisan yang lain. Yang kedua adalah sebagai pengobatan. Dan tujuan yang ketiga, sekaligus tertinggi adalah sebagai sarana aktifitas spiritual yang berhubungan dengan pencarian ketuhanan.

Banyak orang yang salah paham, menghubungkan aktifitas meditasi dengan praktek dukun, sihir, atau mencari kesaktian. Memang salah satu dampak dari aktifitas meditasi yang telah mencapai tingkat tinggi, yakni adanya keajaiban-keajaiban yang tidak masuk akal bagi orang awam. Namun tentunya hal itu hanya bisa dicapai oleh beberapa orang yang telah mempraktekkan meditasi pada tingkat yang sangat tinggi. Bagi orang awam seperti saya, cukuplah sampai pada tujuan ketenangan batin dan pikiran atau sebagai sarana mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Mengapa masyarakat modern membutuhkan meditasi?

Sebenarnya praktek meditasi telah dilakukan nenek moyang manusia secara turun-temurun sejak ribuan tahun silam. Pada jaman dahulu, meditasi dilakukan semata-mata untuk menjawab banyak pertanyaan tentang alam semesta dan kehidupan. Lalu dari situlah muncul konsep Tuhan yang kemudian selama ribuan tahun kemudian terpecah-pecah menjadi baragam agama dengan istilah dan konsep serta pemahaman yang berbeda-beda.

Di jaman serba digital seperti sekarang, waktu manusia untuk sekadar menyediakan waktu hening pelan-pelan mulai hilang. Kesibukan aktifitas, semakin padatnya perkotaan, populasi manusia yang semakin banyak yang diikuti oleh masalah yang semakin banyak pula, serta kesalahan pemahaman dalam mengartikan ajaran agama membuat kondisi psikis manusia menjadi berantakan tidak karuan. Alhasil banyak kasus bunuh diri karena depresi, semakin banyaknya tindak kejahatan berat seperti pembunuhan hingga perkosaan yang diakibatkan kondisi psikis yang terganggu, serta banyaknya peperangan baik secara riil maupun verbal di dunia maya. Anda bisa melihat orang sekarang dengan mudah melakukan ujaran kebencian, penghakiman, hingga pembunuhan karakter seseorang. Anehnya hal-hal tersebut dilakukan atas nama agama, suku, ras, dan golongan. Agama merupakan alasan paling sering akhir-akhir ini, yang digunakan untuk melakukan penghakiman dan bahkan pembunuhan kepada umat agama lain.

Lalu apa hubungannya dengan meditasi?

Bersambung di Episode 2

Video Tutorial Belajar Meditasi Bagi Pemula Episode 2

Tinggalkan Balasan