Belajar Menjadi Manusia

Sebenarnya para pencari Tuhan adalah manusia manusia yang sedang belajar menjadi manusia. Karena diantara para mahluk yang ada di alam semesta, hanya spesies manusialah yang tidak sadar bahwa dirinya adalah manusia.

Burung sadar dirinya adalah burung, itulah mengapa ia menjalani kodrat hidupnya sebagai burung. Tumbuhan sadar dirinya adalah tumbuhan, maka itulah ia hanya menjalani hidupnya sebagai tumbuhan. Sedangkan manusia tidak sadar bahwa ia adalah manusia. Maka itulah banyak manusia yang tidak menjalani kodratnya sebagai manusia, dan tanpa sadar terpisah dari alam semesta.

Manusia kadang menjadi hewan buas yang memangsa apa saja, memakan yang bukan makanannya, meminum yang bukan minumannya, kadang menjadi batu yang keras kepala, kadang pula menjadi Tuhan yang menentukan benar salah dan merasa tahu segalanya. Maka dalam perjalanan spiritual, semakin mengetahui kebenaran, maka mulut, perilaku, dan batin manusia akan semakin diam. Semua karena ia sadar bahwa ia belum tahu apa apa. Manusia yang “menyaksikan” adalah manusia yang menjalani kodratnya sebagai manusia, manifestasi Tuhan, dan bagian dari alam semesta raya…

Tinggalkan Balasan