Rasa adalah Gerbang Menuju Kesadaran

Rasa adalah milik tubuh, bukan batin. Rasa ada murni karena respon dan proses kimia tubuh. Itulah mengapa dalam tahap meditasi lanjutan, menyadari rasa berguna untuk membedakan yang kita amati adalah rasa yang merupakan proses tubuh atau kesadaran. Sekali lagi, ketika kita mengenali kesadaran, maka kita akan membedakan rasa yang merupakan respon tubuh dan kesadaran. Kesadaran ada di atas rasa. Itulah mengapa menyadari rasa itu penting karena ketika kita bisa merasakan, dengan cara menyadari saat ini, maka berikutnya kita bisa “melihat” kesadaran. Kesadaran ada di luar rasa, dan berdiri lebih tinggi dari rasa. Ketika rasa hilang, maka kesadsran akan muncul.

Rasa cenderung mengarah pada dualitas karena hanya bisa dikenali dengan bahasa. Ketika bahasa pembeda dan pendefinisi hilang, maka yang ada tinggal rasa yang merupakan respon tubuh akibat proses biologis atau kimia tubuh.

Kenali diri sendiri, salah satunya sadari dan temukan rasa, maka berikutnya kita akan masuk ke gerbang kesadaran begitu rasa kira lewati…

Karena kesadaran bukanlah rasa…

Tinggalkan Balasan